Sejarah dan Aplikasi Untuk Platinum

Sejarah dan Aplikasi Untuk Platinum

Platinum dan paduan kaya platinum yang terjadi secara alami telah dikenal selama berabad-abad. Meskipun logam ini digunakan oleh penduduk asli Amerika pra-Columbus (Aztec, Maya, Inca, Moche, Chibcha, dan Canaras), referensi Eropa pertama yang muncul platinum pada 1557 dalam tulisan-tulisan humanis Italia Julius Caesar Scaliger (1484-1558 ) sebagai gambaran logam misterius ditemukan di tambang Amerika Tengah antara Darién (Panama) dan Meksiko ( “sampai sekarang tidak mungkin untuk dicairkan oleh salah satu seni Spanyol”). Kata platinum berasal dari kata platinum Spanyol, yang berarti “perak kecil.”

Platinum dibahas oleh astronom Antonio de Ulloa dan Don Jorge Juan y Santacilia (1713-1773), keduanya ditunjuk oleh Raja Philip V untuk bergabung dengan ekspedisi geografis di Peru yang berlangsung dari 1735 ke 1745. Antara lain, Ulloa diamati platinum del pinto, logam tidak bisa dijalankan ditemukan dengan emas. privateers Inggris dicegat Ulloa kapal dalam perjalanan pulang. Meskipun ia diperlakukan dengan baik di Inggris, dan bahkan menjadi anggota Royal Society dia dicegah dari penerbitan referensi untuk logam diketahui sampai 1748. Sebelum itu bisa terjadi Charles Wood secara independen terisolasi elemen di 1741. Temuan utama yang ditemukan di Rusia. di tahun 1819, yang menghasilkan sekitar 90% dari produksi Platinum global pada pergantian abad ke-20.

Karena kelangkaannya, semakin besar kesulitan untuk bekerja dengan dan kebutuhan untuk berbaur dengan (pada saat itu) yang iridium logam lebih mahal, platinum hanya dari penggunaan yang terbatas dalam perhiasan di abad ke-19 akhir. Hal ini berubah pada awal abad 20 ketika sebagian besar pemasangan cincin berlian dan perhiasan yang paling eksklusif hampir seluruhnya terbuat dari platinum. Dari 1875-1960 unit SI (dari bahasa Prancis Le Systeme International d’Unites) panjang metrik meteran standar didefinisikan sebagai jarak antara dua garis pada batang standar paduan sembilan puluh persen platinum dan iridium persen sepuluh, diukur pada 0 ° Celcius .

Platinum adalah suatu unsur kimia dengan simbol atom (Pt) dan nomor atom 78. Ini adalah dalam kelompok 10 dari Tabel Periodik Unsur. logam transisi berat lunak, lentur, berharga, abu-abu-putih, platinum tahan terhadap korosi dan terjadi di beberapa nikel dan tembaga bijih bersama dengan beberapa sedimen asli. Platinum digunakan dalam perhiasan, peralatan laboratorium, kontak listrik, kedokteran gigi, chip komputer, dan emisi mobil mengontrol perangkat. Platinum bullion memiliki kode mata uang ISO dari XPT. Pada tanggal 24 Juni 2008, Platinum bernilai $ 2.032 per troy ounce sekitar $ 65 per gram.

baca juga : MENEMUKAN CINCIN EMAS BERKUALITAS

Ketika murni, logam muncul keabu-abuan putih dan keras. The tahan korosi logam. Sifat katalitik dari enam logam platinum keluarga yang luar biasa. Untuk sifat katalitik ini, platinum digunakan dalam catalytic converter, yang tergabung dalam sistem knalpot mobil, serta ujung busi. Platinum memiliki struktur kristal kubik.

Karakteristik keausan dan ketahanan menodai Platinum sangat cocok untuk membuat perhiasan. Platinum lebih berharga dari emas. Harga platinum perubahan bersama dengan ketersediaan, tapi harga biasanya lebih dari dua kali lipat harga emas. Pada abad ke-18, kelangkaan platinum membuat Raja Louis XV dari Perancis menyatakan itu hanya cocok logam untuk seorang raja. Platinum memiliki resistensi yang tinggi terhadap serangan kimia, karakteristik suhu tinggi yang sangat baik, dan sifat listrik yang stabil. Semua sifat ini telah dimanfaatkan untuk aplikasi industri. Platinum umumnya tidak teroksidasi di udara pada suhu apapun, tetapi dapat terkorosi oleh sianida, halogen, sulfur, dan alkali kaustik. logam ini tidak larut dalam asam klorida dan asam nitrat, tetapi larut dalam campuran yang dikenal sebagai regia aqua, membentuk asam kloroplatinat. Ketika platinum mentah dilarutkan dalam aqua regia, emas dihapus dari larutan sebagai endapan dengan pengobatan dengan ferric chloride. Platinum diendapkan sebagai pengobatan murni dengan amonium klorida, meninggalkan H2PdCl4 dalam larutan.

oksidasi umum platinum termasuk 2 dan 4. + Oksidasi menyatakan +1 dan lebih jarang, dan sering distabilkan oleh ikatan logam pada spesies bimetal atau polimetalik.

Aplikasi:

Platinum adalah logam yang sangat langka, terjadi hanya 0,003 ppb dalam kerak bumi, dan 30 kali lebih jarang daripada emas. Jika semua cadangan di dunia platinum dituangkan ke dalam satu ukuran olimpiade kolam renang, itu akan cukup dalam untuk menutupi pergelangan kaki seseorang. Emas akan mengisi lebih dari tiga kelompok.

Pada tahun 2006, Platinum pasokan dunia adalah sekitar 217 700 kg, atau 7 juta ons Troy.

Pada tahun 2007, pasokan global 6,5 juta ons lebih dari diimbangi dengan permintaan untuk 7.030.000 ons.

Hal ini digunakan dalam industri berikut serta yang lain:

* Sebagai katalis dalam catalytic converter, komponen opsional (meskipun sering diminta oleh hukum) dari sistem pembuangan mobil berbahan bakar bensin (lihat “karakteristik penting” dalam artikel ini).

* Sebagai katalis dalam sel bahan bakar. Mengurangi jumlah platinum diperlukan (dan dengan demikian biaya) adalah fokus utama dari penelitian sel bahan bakar.

* Beberapa platinum-mengandung senyawa yang mampu mengikat DNA dan sel-sel membunuh menyeberangi garis yang sama dengan alkylating agen kemoterapi. Cisplatin, carboplatin dan oxaliplatin dilisensikan contoh kelas ini obat.

* Platinum termometer tahan.

* Elektroda untuk digunakan dalam elektrolisis dan elektrokimia pengukuran (yaitu., Sebuah elektroda hidrogen standar).

* Dalam Clark elektroda polarografi untuk mengukur tekanan oksigen. Berbagai macam perhiasan. * Sebagai katalis dalam menyembuhkan silikon elastomer. * Sebagai katalis dalam glow plugs dalam beberapa model mesin.

* Dalam cawan lebur, paduan dengan rhodium (Rh 10-40%), untuk pengecoran dengan suhu tinggi sekitar 1500 ° C dari kaca.

Mau cincin dengan potongan harga 10% ?

 KLIK DISINI

* Dalam fotografi, seni kadang-kadang digunakan untuk membuat arsip. Platinum akan mencetak menampilkan kisaran yang lebih besar dari nada daripada metode lain Black & White mencetak. Selain stabilitas kimia cetakan platinum make menjadi sangat tahan lama. Masalah dengan metode ini, selain biaya tinggi, kurang sensitif terhadap platinum cahaya dan cetakan harus kontak dicetak pada ukuran yang sama sebagai negatif. Oleh karena itu, pembesaran hanya dapat dilakukan dengan membuat negatif diperbesar. Sebuah garam platinum umumnya membuat kontras yang berlebihan dalam cetakan; dikombinasikan dengan garam-garam logam seperti, paladium, menghasilkan lebih hangat nada dan lembut, tanpa mengurangi rentang tonal yang dimungkinkan oleh platinum.

* Dalam pembuatan jam tangan, Vacheron Constantin, Patek Philippe, Rolex, Breitling, dan perusahaan lain menggunakan platinum untuk menghasilkan serangkaian edisi terbatas jam tangan mereka. pembuat jam benar-benar menghargai sifat unik dari platinum karena tidak becek atau aus.

CincinKawinku.com

Kami memyediakan cincin kawin dan tunangan berkualitas dengan harga yang tidak mengecewakan. Terbuat dari bahan logam mulia terfavorite dan terbaik yaitu perak, emas, palladium dan platina. Tersedia berbagai macam model dan design yang simple, elegan dan unik. Bisa custom model dan design sendiri sesuai keinginan.

Alamat kami di

Jl. Balai Desa No 28 Jatiras, Kec. Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat

No Telp. +62811-9299-963

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *